Berbagai Macam Sambal Yang Ada Di Indonesia Dan Sejarahnya

Berbagai Macam Sambal Yang Ada Di Indonesia Dan Sejarahnya
Fakta Id. Keberadaan sambal dalam setiap hidangan  sulit untuk dihindari. Serasa belum lengkap menyantap sebuah hidangan bila tak ada sambal.

Di Indonesia, sambal adalah salah satu hidangan yang cukup populer dan banyak jenisnya dari setiap daerah.

Bagi para pencinta pedas, tidak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Kuliner pedas ini masuk ke Indonesia sejak Abad ke-10, sejarah yang cukup panjang untuk rasa pedas.

Dalam buku Tropical Herbs and Spices of Indonesia karya Wendy Hutton, tertulis bahwa orang Portugis lah yang membawa dan memperkenalkan biji cabai ke Indonesia pada abad ke-16 sampai awal abad ke-17.

Tetapi ada juga data lain yang menunjukkan kalau cabai sudah dikenal di Indonesia jauh sebelumnya.

Titi Surti Nastiti seorang arkeolog menulis dalam bukunya Pasar di Jawa Masa Mataram Kuna Abad VII-XIV mengatakan bahwa teks Ramayana abad ke-10 telah menyebut cabai sebagai satu contoh jenis makanan pangan.

Pada masa Jawa Kuno, cabai  menjadi komoditas perdagangan yang langsung dijual dan menjadi bahan masakan yang populer di Indonesia. Di Indonesia ada sekitar 100 Jenis sambal.

Pada jaman kolonial Belanda, asisten rumah tangga yang paling pandai membuat sambal akan mendapatkan gaji yang paling mahal.

Sambal Dipopulerkan Lewat Buku Resep Masakan
Catenius van der Meijden, seorang nyonya menir Belanda yang juga ahli kuliner yang cukuo berpengaruh di masa kolonial bersama dengan  pembantunya  bertugas untuk menyiapkan hidangan istimewa bagi seluruh keluarga.
Ia sangat ahli membuat sambal. Ada banyak jenis sambal yang dikuasainya. Kepopuleran sambal di masa kini tidak lepas dari jasanya.
Catenius mengumpulkan semua resep masakannya menjadi sebuah buku yang berisi tentang resep makanan. Buku ini terbit tahun 1942, setelah sebelumnya ia berhasil menuliskan buku yang berjudul ‘Makanlah Nasi’ di tahun 1922.
Resep sambalnya yang terkenal adalah sambal eoloek (sambal ulek) dan sambal telur.
 
Ada juga sambal buatan Catenius dengan nama yang unik, seperti sambal serdadoe, sambal banjak, sambal brandal, dan lainnya.
Sampai saat ini, sambal masih diminati banyak orang dan ragamnya pun sudah semakin banyak.

Comments

Popular posts from this blog

Akan Muncul Di GeekBench, Meizu 16 Bakal Diotaki Snapdragon 845

Multifungsi dari Maybelline yang Bisa Kamu Coba, 5 Rekomendasi

Century Gate Dan Mahasiswa Desak Usut Tuntas Kasus BLBI